Tips Menghemat Uang Untuk Anak kos Akhir Bulan



Pendidikan merupakan hal yang sangat dibutuhkan dizaman melenial ini, banyak perusahaan yang akan menerima clon karyawan nya yang memeiliki pendidikan tinggi paling minimal adalah lulusan sma sederajat. Oleh karena itu banyak orang tua berlomba-lomba untuk menyekolahkan anak nya agar kedepan nya mereka memiliki pekerjaan yang lebih baik tak jarang orang tua mengantarkan anak nya keluar daerah untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

Orang-orang yang di sekolahkan diluar daerah/jauh deri orang tua kebanyakan dari mereka menyewa sebuah kamar yang sering disebut dengan kos-kosan selain di kos-kosan ada juga dari mereka yang tinggal di rumah saudara.

Bagi anak kos-kosan misquen seringkali memiliki berbagai kendala yang paling utama nya adalah di masalah keuangan sehingga mereka belum sampai masa target pengiriman sudah seringkali kehabisan uang. Bagi anda yang tinggal di kos-kosan dan merasakan hal yang sama seperti diatas silahakan baca tips-tips berikut ini jika anda tidak demikian maka silahkan skip saja.

Sebelum anda melakukan penghematan ada beberapa peralatan hemat yang harus anda miliki di kos-kosan.

Alat-Alat wajib bagi anak kos-kosan

1. Megic com/ Rice Cooker
2. Galon
3. Alat makan
4. Teman

Kenapa hanya empat benda itu yang saya cantumkan sebagai alat-alat wajib yang dimiliki anak kos? Karena benda-benda itu merupakan benda paling penting untuk menyambung kehidupan kalian.
Cara-cara menghemat bagi anak kos-kosan

Jangan sering makan membeli makanan diluar

Memasak kadang-kadang memang hal yang mustahil dilakukan oleh anak kos-kosan mengingat padat nya jadwal kuliah yang dimiliki atau padat nya kegiatan organisai yang mereka ikuti. Namun apabila kalian ingin berhemat jangan sering membeli makan diluar karena makan diluar itu membuat kita ingin  memilih makanan yang enak.

Masak nasi menggunakan rice cooker




Pengalaman pribadi saya, cara memasak nasi di kos-kosan sangat efektif untuk menghemat pengeluaran cara nya begini : tema-teman semua silahkan pagi-pagi masak nasi di kos-kosan kemudian lauk nya teman-teman beli di luar.

Contoh : saya mahsiswa disalah satu perguruan tinggi swasta di jogja.
Saya pagi-pagi saya selalu memasak nasi di kos-kosan, setelah itu saya beli sayur yang sudah mateng/masak di warung . Saya membeli sayur itu Rp.3.000/sayur biasa nya saya membeli 3 jenis sayur. Berarti saya mengeluarkan uang untuk sayauran yaitu sebesar Rp.9.000 untuk 3 jenis sayuran. Untuk memenuhi kebutuhan protein saya saya biasa nya membeli tahu atau tempe yaitu sebanyak Rp.2.000 mendapatkan 3 buah tempe atau tahu.

Berarti : saya hanya mengeluarkan uang Rp.11.000 untuk biaya satu hari makan, belum termasuk biaya beli beras dan itu bias tiga kali makan karena saya tidak banyak makan orang nya hehehehe.

Biasakan Minum Air putih Jika makan di Warung Makan


Bagi taeman-teman yang terpaksa harus makan diluar biasakan kalo minum menggunakan air putih secara tidak sadar biaya minum itu kadang selalu membuat keuangan kita menjadi menipis. Baiklah saya akan mencoba menghitung biaya minum teman-teman saya ambil dengan minuman yang paling murah yaitu es teh.

Harga es teh di jogja: Rp3.000
Uang kiriman : 1.000.000/bulan
Rumus :
= Harga es teh x 30 hari
= 3.000 x 30
= 90.000

Teman-teman harus mengeluarkan uang sebanyak Rp.90.000 untuk minum dan itu jika teman-teman hanya minum es teh itu haya terhitung satu kali makan, jika teman-teman makan 3 kali sehari dan minum nya es teh semua berapa  uang yang teman-teman habiskan sekedar buat minum. jika teman-teman hanya minum air putih itu gratis, teman-teman hanya mengeluarkan biaya makan.

Mungkin tiga tips itu sudh cukup untuk teman-teman menghemat pengeluaran biar tidak kelaparan dan makan mi instan terus-terusan yang nggak sehat itu wkwkwkwk. Alat-alat di atas sangat penting teman-teman miliki untuk kelangsungan hidup teman-teman.

Salam Kos-kosan


0 Response to "Tips Menghemat Uang Untuk Anak kos Akhir Bulan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2